Pertanyaan Tentang Masker Kain Yang Paling Dominan Muncul!

Sejak adanya pandemi virus Corona pemerintah mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker. Masker yang dikatakan paling efektif untuk mencegah virus Corona adalah  masker bedah dan N95. Namun karena masker bedah cukup langka dan masker N95 harganya mahal maka ada alternatif lain yaitu menggunakan masker kain.

Banyak yang mempertanyakan efektivitas dari masker kain dalam menangkal virus Corona. Simak berikut ini beberapa pertanyaan yang sering muncul untuk masker dari bahan kain.

 

Kapan Masker Kain Harus Digunakan

Pertanyaan ini cukup sering muncul, namun jawabannya adalah masker kain sangat wajib digunakan ketika anda berada di kerumunan karena sejak adanya virus Corona Anda harus melakukan yang namanya physical distancing.

Tapi saat di kerumunan anda tidak mungkin melakukannya maka dari itu penggunaan masker cukup baik untuk mencegah droplet dari orang yang mungkin adalah penderita. maka dari itu wajib menggunakan masker ketika naik transportasi umum, ke pasar,  swalayan, apotek atau tempat makan.

 

Meski Sudah Pakai Masker

Apakah Tetap Harus Jaga Jarak? Meski sudah menggunakan masker kain tapi anda tetap harus menjaga jarak sebisa mungkin. Jangan ngobrol dengan orang lain meski sudah memakai masker karena hal tersebut sangat tidak disarankan.

 

Apakah Boleh Masker Hanya Menutupi Mulut?

Mungkin anda pernah lihat beberapa orang yang menggunakan masker tapi tidak dengan cara yang benar. Seperti menggunakan masker hanya menutupi mulut, ini sebenarnya adalah kebiasaan buruk. Karena meski mulut adalah bagian paling rentan untuk menularkan virus namun area hidung yang tidak tertutup mempunyai potensi menjadi pintu masuk dari virus.

Apa lagi setelahnya Anda mengalami batuk dan bersin, tidak terbayangkan droplet akan keluar dari hidung dan mengenai benda atau orang lain di sekitar Anda. Maka dari itu jika anda tidak betah untuk menggunakan masker pilih yang paling nyaman dengan kain yang paling bagus kualitasnya.

 

Ketika Merasa Sehat, Harus Tetap Pakai Masker?

Pertanyaan ini juga cukup sering muncul dari orang-orang. Mungkin sekarang kamu sedang merasa sehat jadi penggunaan masker disepelekan. Kamu harus tahu tidak semua orang yang memiliki virus Corona di tubuhnya merasakan gejala. penelitian menyebutkan hanya 70% orang yang terinfeksi virus Corona dan merasakan gejala-gejala virus tersebut. Maka dari itu tetap gunakan masker karena anda tidak akan tahu virus apa yang ditularkan oleh orang di sekitar  ketika anda keluar rumah. 

 

Apakah Masker Kain Efektif?

Untuk keperluan medis masker kain sudah cukup efektif digunakan. Karena saat pengujian dilakukan pada dua lapis katun 100% bisa menahan partikel 71% dan ketika dua lapisan sarung bantal diuji bisa menahan partikel sebanyak 69%. Jadi sekarang anda sudah tahu kan bagaimana efektifnya masker kain untuk menangkal virus Corona?

 

Cara Penggunaan Dan Mencuci Yang Benar

Setelah digunakan sebaiknya Anda harus mencuci masker kain. Masker dari bahan kain ini hanya boleh digunakan selama 4 jam saja. Maka dari itu sebaiknya Anda harus punya masker cadangan dua atau tiga buah yang selalu disimpan di tas kemanapun anda pergi. Jangan pernah gunakan masker bekas pakai hari ini untuk aktivitas esok hari.

Mengenai proses pencucian dari masker jenis ini, sebelum mencuci pastikan tangan sudah dibersihkan. Lalu cuci masker dengan air hangat dan deterjen cair. Setelahnya kamu bisa membilasnya dengan air mengalir lalu keringkan dan gosok dengan suhu tinggi agar kuman hilang 100%.

 

Demikian beberapa pertanyaan yang sering muncul pada penggunaan masker kain. untuk pembelian masker kain dengan kualitas yang baik namun tetap harganya ekonomis bisa membelinya di custom.id. Toko online satu ini menjual berbagai model masker dan juga motif yang beragam serta unik.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*